Cara Bisnis Spanduk/Banner Tanpa Memiliki Mesin Digital Printing

Kali ini ane mau share pengalaman ane berbisnis percetakan dengan modal minim. Dalam menjalankan bisnis percetakan, orderan yang paling umum adalah pembuatan spanduk atau banner. Jaman sekarang pembuatan spanduk/banner tidak lagi menggunakan sablon namun diganti oleh mesin digital printing, sehingga hasilnya lebih berwarna dan dapat mencetak foto di dalamnya. Kalau menggunakan teknik sablon jelas hasil yang didapat hanya sedikit warna dan biasanya kalau warnanya banyak tentunya pengerjaannya lebih lama serta harganya lebih mahal. Dengan digital printing dewasa ini tentunya kita bisa menggunakan warna yang bebas dan waktu pengerjaan lebih cepat.

Berikut contoh perbedaan spanduk sablon dan digital printing.
Spanduk Sablon Manual, umumnya menggunakan bahan kain (Sumber: google)



Spanduk Digital Printing, umumnya menggunakan bahan flexy sejenis plastik (sumber: google)


Dalam proses pembuatan spanduk tentunya beda, kalau sablon ringan di modal namun berat di proses pengerjaan dan hasil kurang memuaskan, sedangkan digital printing berat dimodal, ringan di proses pengerjaan dan hasil memuaskan. Namun tergantung pemesan sih ada yang mesan sablon (umbul-umbul, bendera, baju dll) tapi yang banyak pemesannya tentunya digital printing. Sekedar info harga mesin digital printing berkisar ratusan juta, tentu kita yang memiliki modal minim sulit untuk memilikinya. Terus bagaimana caranya dengan percetakan dengan modal minim bisa menerima pesanan spanduk digital printing?
Jawabannya menggunakan sistem makloon, yaitu kita bekerjasama dengan orang atau percetakan yang mempunyai mesin digital printing. Caranya :


Oke sudah jelas gan? Intinya kita hanya mengambil untung dari jasa desain spanduknya. Soal harga ga prlu khawatir, karena kita bisa menjual kembali sama dengan harga di percetakan besar. Biasanya harga yang diberikan percetakan besar ke kita merupakan harga khusus, karena selain desain kita yang bikin juga mesin mereka jalan (mesin digital printing harus jalan setiap hari). Sebagai perhitungan keuntungan 1 m2 di pasaran sekitar 35-40rb, kita mendapatkan harga 25rb, berarti kita mendapat untung antara 10-15rb. Kalau pesanan 4m2 berarti kita dapat untung antara 40- 60rb, lumayan kan? semakin panjang dan lebar spanduk yang dipesan semakin besar juga keuntungan kita.
Oke gan semoga info ini bermanfaat, untuk pertanyaan dan tambahan bisa isi di kolom komentar supaya kita bisa saling berdiskusi.

Sistem makloon ini juga bisa diterapkan pada produk lain