Print Di Kertas Art Paper Dengan Printer Biasa (Dyebase)

Mungkin agan-agan sekalian pernah melihat kertas yang mengkilat seperti kertas foto namun kalau kita print disana dengan printer biasa hasilnya kurang bagus (tinta luber dan buram)?. Kertas tersebut dinamakan kertas art paper, dalam dunia percetakan biasanya digunakan untuk sampul buku, box kecil, kartunama, brosur dll. untuk printnya biasanya menggunakan tinta artpepar yang harganya mencapai 100rb/100cc. untuk tinta ini biasanya hanya bisa digunakan di printer epson. Namun bagi percetakan kecil dengan modal minim yang hanya punya printer yang tidak suport tinta art paper (maklum epson ga ada yang murah uy) tentunya kita harus bisa mengakalinya. Padahal kertas ini sangat diperlukan bagi percetakan terutama pembuatan sampul buku dan brosur, selain harganya relatif murah juga ketebalannya beraneka ragam. Nah kali ini ane mau share bagaimana caranya supaya bisa print di kertas art paper tanpa tinta art paper, kita hanya perlu printer dengan tinta biasa (dyebase) yang umum di pasaran.Namun perlu diperhatikan, jenis tinta yang kita pakai, jangan pakai tinta yang dijual pakai suntukan karena itu jelas ga berkualitas. Saran ane pakai yang botolan, untuk merek yang pernah ane coba yaitu F1, Sun Premium Ink dan tinta ori Epson seri L, pernah mencoba menggunakan Blue Print entah kenapa warna hitamnya blobor.
Sebelumnya, ada dua jenis art paper gan yang licin bolak baliak (biasanya untuk brosur) dan yang hanya satu sisinya licin (biasanya untuk cover). Untuk yang licin bolak balik ane hanya berhasil print pakai epson seri L dengan tinta originalnya, namun untuk yang licin satu sisi ga masalah pakai printer apapun selama jenis tintanya bagus.

Caranya :
  1. Print di kertas art paper usahakan mode fast (draf) kalau head printer agan sudah soak bisa gunakan mode normal, namun hindari mode high
  2. Setelah di print biarkan kering, biasanya warna hitam lebih lambat diserap kertas.
  3. Setelah kering sapu dengan minyak goreng, ingat gan minyak goreng baru ya jangan bekas ntar dirubung semut hehe
  4. Biarkan minyak gorengnya kering dan diserap sempuna.
Nah untuk lebih jelasnya bisa agan tonton di video berikut ini:


Oke gan, itu dulu tutorial dari ane, semoga bermanfaat. Kalau ada pertanyaan, kritik dan saran bisa kasih di kolom komentar.