Cara Print Bolak Balik di Adobe Reader Dengan Printer Biasa

Mencetak bolak balik atau istilah cetaknya duplex printing pada printer biasa (Inkjet/Laser Jet) memang rada susah karena harus dilakukan secara manual, berbeda dengan printer high end yang mahal memiliki kemampuan print bolak balik secara otomatis. Tetapi kita sadari ada harga ada rupa begitu juga untuk jenis printer murah, walaupun bisa cetak bolak balik namun tentu tenaga ekstra diperlukan. Mungkin bagi sebagian orang yang mahir komputer hal ini tidak jadi masalah, namun berbeda bagi orang awam yang awam masalah komputer.
Maka dari itu kali ini saya mau berbagi tutorial cara mencetak / print bolak balik (duplex) pada printer biasa. langkah termudah adalah dengan menggunakan format *.pdf , karena dengan menggunakan adobe reader kita bisa dengan mudah mengatur menu print duplex tersebut.


Bagi yang berminat bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Sediakan file pdf dan aplikasi Adobe Reader, apabila belum ada aplikasinya bisa di download di sini
  2. Buka file pdf tersebut menggunakan Adobe Reader
  3. Setelah terbuka klik File dan pilih Print maka akan tebuka kotak dialog print (untuk keterangan lihat gambar)
  4. Setelah di set sesuai keinginan tinggal setting bagian subset:
  5. Untuk tahap pertama print halaman ganjil dulu dengan memilih subset : Odd pages only lalu klik OK biarkan printer mencetak hingga selesai
  6. Pada tahap kedua setelah printer selesai mencetak, hasil print pertama masukkan kembali ke rear tray (tempat kertas bagian atas) namun perlu diperhatikan bagian yang sudah di print menghadap kebelakang
  7. Pilih subset : Even pages only lalu klik OK, biarkan printer mencetak.
  8. Selesai

Sebetulnya print bolak-balik atau Duplex printing mudah saja namun bagi yang kurang paham dan belum pernah mempraktekkannya tentu menjadi kendala. Semoga tutorial kali ini bermanfaat, bagi yang merasa belum paham dan ada pertanyaan bisa di tanyakan di kolom komentar.



Tutorial ini juga di publish di www.yusma.net